by

RS Pulau Galang Siap Beroperasi 30 Maret 2020

GALANG, NAGARA.ID – Rumah Sakit (RS) eks Kamp Vietnam, Kelurahan Sei Jantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) diperkirakan molor dua penyelesaiannya dari target semula 28 Maret menjadi 30 Maret 2020.

Hal ini diketahui dari hasil peninjauan yang dilakukan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis saat mengunjungi lokasi pembangunan gedung observasi di eks kamp pengungsi Vietnam, Rabu (25/3/2020).

Data penderita Covid-19 per Hari Kamis, 26 Maret 2020.

Hadi, begitu pangilan akrab Panglima TNI mengatakan gedung observasi ini diperkirakan siap pembangunannya tiga hari kedepan, namun efektif dipergunakan, Senin (30/3/2020) mendatang. “Dari hasil peninjauan hari ini, tiga hari ke depan pengerjaan gedung observasi ini rampung dan Senin besok baru efektif dipergunakan,” kata Hadi usai meninjau gedung Observasi eks Kamp Vietnam.

Menurutnya meski gedung observasi ini akan selesai pengerjaannya tiga hari lagi, namun sampai saat ini pihaknya mengaku masih perlu melatih tenaga medis, agar bisa mengoperasikan gedung observasi ini. Sehingga, Senin 30 Maret 2020 besok gedung observasi ini bisa dioperasikan secara maksimal.

Lebih jauh Hadi mengatakan pembangunan terus dilakasanakan sampai dengan target yang dinginkan tercapai. Saat ini untuk ruang observasi sudah siap 340 tempat tidur dan untuk ruang isolasi sendiri sudah siap 20 tempat tidur. “Ruang Isolasi ini beda, sebab ruang isolasi yang dibangun ini adalah isolasi ICU sehingga dilengkapi dengan tekanan negatif, AC standar HEPA, oksigen ada di dalam dan kamar mandi ada di dalam,” jelas Hadi.(kps/aen)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =