by

Polri akan Asah Humas untuk Mampu Jadi Jubir Handal

JAKARTA, NAGARA.ID – Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengaku bahwa dirinya memiliki visi besar untuk membangun Humas Polri.  Dia ingin mencetak polisi-polisi cerdas dan profesional yang diasah menjadi juru bicara yang handal.

“Ke depannya saya ingin Humas itu dilirik oleh polisi-polisi yang charming, cerdas, mereka nantinya yang menjadi spokeperson Polri, memiliki manajemen isu, menyampaikan hal-hal yang sifatnya positif untuk masyarakat,” kata Iqbal, Senin (2/3/20).

Jenderal bintang dua ini mengatakan dirinya sudah menggodok matang perintah Kapolri, Jenderal Idham Azis untuk meningkatkan Divisi Humas Polri menjadi Badan Humas Polri.

Lebih jauh, mantan Kapolrestabes Surabaya ini menyebut, kedepannya perwira menengah Humas Polri berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP) diberi ruang untuk mengasah keahlian bertutur kata di hadapan awak media (wartawan).

“Jadi kasubbid penmas (kepala sub bidang penerangan masyarakat) itu nanti kami dorong jadi juru bicara (spokeperson), untuk menyampaikan informasi sekelas jambret, copet. Jangan hanya mencatat-catat saja. Kabid Humas muncul saat isu-isu tertentu,” kata Iqbal.

Selain itu, Iqbal menilai peningkatan fungsi para perwira menengah diperlukan untuk mencetak pemimpin-pemimpin Humas Polri di masa mendatang. Iqbal juga meyakini kehadiran Humas Polri yang semakin profesional, humanis dan interaktif bermanfaat untuk keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Sebagai rewardnya, personel Humas Polri yang berprestasi kami berikan reward.  Misalnya kasubbid, pangkatnya AKBP, performanya bagus, bisa langsung dipromosikan untuk mengisi pangkat kombes,” terang Iqbal.

Seluruh perwira menengah yang menjabat Kabid Humas di tingkat Polda, kata Iqbal, perlu menjalin hubungan baik dengan media agar tujuan kamtibmas bisa tercapai. Menurut dia, jika memainkan fungsi kehumasan dengan baik, akan lahir pimpinan yang berwawasan dan memiliki jaringan luas.

“Saya ingin bahwa fungsi Humas menjadi fungsi idola di Polri. Saya nanti akan menyampaikan hal itu saat vicon (video conference) dengan para Kabid Humas. Rencananya setiap seminggu atau dua minggu sekali saya akan melakukan vicon dengan jajaran untuk mendorong peningkatan kinerja,” pungkasnya. (by)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =