by

Sebarkan Hoaks Corona, Sarjana Ilmu Komputer Ditangkap Polisi

TANGERANG, NAGARA.ID – Seorang pria berinisial RAF (28) ditangkap polisi karena kedapatan menyebarkan informasi bohong (hoaks) seputar adanya virus corona di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, melalui media sosial.

RAF yang diketahui menyandang gelar S1 Ilmu komputer dan bekerja di sebuah perusahaan otomotif ini, tertunduk lesu tak berdaya ketika digelandang petugas dalam konferensi pers di Posko penanggulangan penyebaran virus corona Terminal I B Bandara Soetta untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra, SIK, MH, mengatakan, pihaknya berhasil mengamankan berbagai barang bukti (bb) di antaranya, Capture FB atas nama tersangka RAF, HP Samsung Note 5, manifest penerbangan Garuda GA 79 dari Lampung menuju Jakarta dan Pesawat Emirates EK 359 dari Jakarta menuju Jeddah.

Selain itu juga ada surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta atas nama RR pada tanggal 26 Januari 2020. Surat kematian yang dikabarkan kena virus corona namun sebenarnya terkena gagal jantung.

Lebih jauh, alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1998 ini menambahkan, kasus hoaks yang melibatkan RAF ini diketahui ketika melakukan Patroli Siber dan mendapati adanya konten pada media sosial yang diduga mengandung kabar bohong yang dapat meresahkan masyarakat terkait penyebaran virus Corona di Bandara Soetta yang dimuat awal pada 27 Januari 2020.

Pelaku menyebar gambar seorang wanita terbaring (dengan dikelilingi oleh para pengguna jasa

penerbangan di Bandara Soetta) yang mengalami sakit jantung pada saat akan berangkat menuju Jeddah Arab Saudi untuk Umrah pada Minggu (26/1), dengan menggunakan Maskapai Emirates dan diberangkatkan oleh Haka Tour.

Di tempat terpisah, Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta, Kompol A. Alexander menambahkan, proses penangkapan terhadap RAF berawal ketika pihaknya mengendus keberadaan tersangka di Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Rabu (25/2/20).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 7 =