by

Panglima dan Kapolri Tanam Puluhan Ribu Mangrove

TANGERANG, NAGARA.ID – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahyanto bersama Kapolri, Jendral Idham Azis bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo serta sejumlah perwakilan dari kementrian, menanam dua puluh ribu bibit pohon Mangrove serta menabur satu juta benih ikan jenis Nila dan Bandeng.

Kegiatan yang juga dihadiri unsur forkompimda Banten, pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan sejumlah Organisasi kemasyarakatan (Ormas) serta ratusan publik sekitar ini berlangsung di Urban Aquaculture, Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Jum’at (21/2/2020).

Panglima dalam sambutanya menyampaikan apresiasi terhadap Polri atas kegiatan penanaman pohon Mangrove dan penebaran benih ikan di pesisir pantai utara Kabupaten Tangerang – Banten tersebut.

“Saya sangat bangga kepada Polri karena ditengah kesibukan tugas yang berat, menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat, masih punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat pesisir,” kata Hadi.

Lebih jauh, Jendral TNI AU dengan bintang empat dipundaknya ini berharap, inisiasi tersebut  bisa diikuti oleh semua elemen. Selain itu, ia juga mengajak semua pemerintahan di daerah serta masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan termasuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Sehingga dapat memelihara kesehatan di daerahnya masing-masing. Bila kita cermati, sesungguhnya penanaman Bakau, Mangrove, pembibitan, memiliki nilai yang sangat penting bagi nelayan dan masyarakat yang tinggal disekitar pantai,” paparnya.

“Hutan Bakau yang baik dan terpelihara ekosistemnya, akan juga menjaga kelestarian pantai sekaligus mempengaruhi kehidupan masyarakat yang lebih luas,” tukasnya, disambut antusias oleh para peserta yang hadir dalam kegiatan.

Masih ditempat yang sama, Kapolri Jendral Idham Aziz mengatakan, tujuan penanaman pohon Mangrove untuk mencegah terjadinya abrasi air laut serta menjaga kelestarian alam.

Ia juga menjelaskan, hari ini secara serentak TNI-Polri melakukan penanaman Mangrove sejumlah 360.000 batang pohon serta penebaran bibit ikan jenis Bandeng dan Nila maupun Udang.

“Sebenarnya kegiatan ini secara berkala sudah dilakukan jajaran TNI, Polri, KKP, BNPB dan masyarakat serta Pemda setempat,” kata Kapolri di hadapan sejumlah wartawan termasuk Nagara News Network (NNN) di lokasi kegiatan.

“Kita menstimulus kegiatan ini bersama Bapak Panglima sekaligus mengajak, mengimbau masyarakat generasi muda bahwa kepedulian terhadap lingkungan merupakan tanggung jawab moral kita bersama untuk kita menyiapkan generasi kita yang lebih baik nanti ke depan,” tandasnya.

Sementara, ketua panitia penanaman Mangrove dan tebar benih ikan, Kombes Pol Muhamad Yasin Kosasi, kegiatan yang dilakukan Polri atas perintah Presiden Republik Indonesia, untuk melakukan penghijauan serta tebar bibit ikan di daerah pesisir pantai.

Lebih jauh, Yasin mengungkapkan, pendekatan tersebut dilakukan melalui perekonomian masyarakat dengan cara penanaman mangrove serta membudidayakan bermacam-macam benih ikan, agar masyarakat semakin cinta terhadap polri.

“Ini adalah ide Kabarhakam, untuk kuatkan perekonomian masyarakat, lewat pemberdayaan masyarakat pesisir pantai,” pungkasnya.

Selain itu kegiatan tersebut, pucuk pimpinan tertinggi di TNI – Polri ini juga meninjau ekonomi kerakyatan khas daerah kecamatan Mauk dan Banten.(by)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 6 =